Pages

Yamaguchi Motorcycle

Kalau anda bertanya kepada sebagian besar pengguna sepedamotor di Indonesia, mengenai Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki, pasti semua orang tahu, tapi kalau anda bertanya tentang "Yamaguchi", mungkin yang mengetahuinya bisa dihitung dengan jari sebelah tangan anda.

(source: http://www.classicjapcycles.com)
Yamaguchi, sebenarnya adalah suatu merek sepedamotor yang terkenal era 1960-an. Yamaguchi adalah salah satu dari tiga merek sepeda motor Jepang pertama kali yang dibawa ke Asia Tenggara, awalnya ke Malaysia secara komersial (sebelumnya adalah Rikuo, tapi itu dibawa oleh tentara Jepang selama War World 2, mungkin beberapa masuk ke Indonesia), sedangkan dua lainnya adalah Suzuki dan Honda. Sepedamotor Yamaguchi pada awalnya berjalan dan berkembang dengan baik selama beberapa tahun, tapi karena masalah yang dihadapi oleh pabrikan Yamaguchi di Jepang, secara perlahan sepedamotor Yamaguchi menghilang dari jalan-jalan di Malaysia.

Yamaguchi berdiri di Jepang (1955 - 1963), memulai kemitraan perdagangan dengan Pabatco (Pacific Basin Trading Company), sebuah perusahaan berbasis pupuk Oregon sekitar tahun 1961. Pabatco menyiapkan lebih dari 400 dealer untuk menghasilkan sepeda motor untuk diperdagangkan pada saat itu. Hingga tahun 1963 bisnis mereka berkembang dan telah mengimpor lebih dari 5000 sepeda motor. Tapi memasuki bulan April 1963 karena mengalami suatu masalah, Yamaguchi menghentikan produksi sepedamotor, yang pada akhirnya menutup pabrik mereka. Kemudian Pabatco melanjutkan bisnis dengan perusahaan sepedamotor lainnya, yaitu Hodaka.

Yamaguchi versi China/Filipina
Yamaguchi Hurricane 150
(versi China/Filipina)
Pada era tahun 2010, hadir sepedamotor baru yang juga bermerek Yamaguchi, salah satu produksi sepedamotornya adalah Yamaguchi Hurricane 150, yang diproduksi oleh Yamaguchi International Corporation di Filipina, adalah suatu Perusahaan Importir Lokal dari suku cadang untuk perakitan, milik seorang China/Filipino. Produksi dan perangkat mesin berasal dari China, dan dirakit di Filipina.

Dalam hal ini banyak orang salahpaham menyangka bahwa Yamaguchi yang hadir pada tahun 2010 di Filipina adalah sama dengan Yamaguchi dari Jepang, padahal itu adalah dua merek yang berbeda.

Jadi di sini terdapat 2 versi Yamaguchi, yaitu:
  • Yamaguchi dari Jepang yang berdiri pada tahun 1955, dan telah menutup produksi dan pabriknya pada tahun 1963.
  • Yamaguchi dari China/Filipina, yang hadir pada tahun 2010.

source:
- http://www.classicjapcycles.com: yamaguchi history
- http://books.google.co.id: Yamaguchi Motorcycle History 
- https://facebook.com: YamaguchiHurricane150

lihat juga:
- Meguro
- Hodaka
- Marusho 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Info Blog lain

Daftar Blog

  • Lifan RBX150 - Lifan RBX150 motor sport buatan Lifan, perusahaan pembuat motor asal China, menyuguhkan seni mendesign motor sport yang benar-benar keren dan gagah. Gaya f...
  • Honda XR250 Tornado - Honda kembali meluncurkan motor trail, kini dengan label "XR", yaitu Honda XR250 Tornado yang dibuat di Brazil. Motor ini sepertinya ditujukan buat off roa...
  • Suzuki FR100 - Tahun 70-an, kurang tahu tepatnya setelah Suzuki meluncurkan Suzuki FR 70 dan FR 80, kemudian Suzuki meluncurkan Suzuki FR 100.Cukup mengejutkan karena ini...

About