Meguro, adalah suatu merek sepedamotor yang dibuat oleh Meguro Manufacturing Co motorcycle works, yang didirikan oleh Hobuji Murato dan Takaji Suzuki (seorang perwira angkatan laut) pada tahun 1937.
Meguro adalah salah satu perusahaan pembuat sepedamotor tertua di Jepang yang menjadi mitra dari Kawasaki Heavy Industries, Ltd. Sebelumnya telah berdiri dengan nama Meguro Seisakusho yang pernah mengembangkan salinan Harley Davidson V-twin pada tahun 1924. Perusahaan ini bertujuan merancang dan membangun gearbox untuk industri sepedamotor Jepang yang baru lahir, dan Abe Industries yang telah menghasilkan sepedamotor sendiri dan dikombinasikan dengan Meguro pada tahun 1931.Pada awalnya, produk sepedamotor Meguro, berkembang dengan baik, menjhadi prestise dan digunakan oleh militer dan polisi Jepang, dan berjalan beriringan dengan Honda.
Tapi kemudian Meguro mengalami masa krisis dan bangkrut, setelah meluncurkan beberapa jenis sepedamotor yang dijual dalam keadaan tidak bagus, dan mengalami tahun yang panjang pemogokan buruh.
Transfer kekayaan intelektual Amerika mengajarkan bagaimana Jepang memproduksi sepeda motor. Pada tahun 1935, Hobuji Murato dan Takaji Suzuki dengan perusahaan Meguro-nya, membangun sepedamotor Meguro Z97 500cc bermesin tunggal berdasarkan desain Motosacoche (sepedamotor asal Swiss). Sepedamotor Meguro Z97 500cc produksinya dibatasi, karena awal Perang Dunia II, kemudian kembali produksi penuh lagi pada tahun 1948, dengan menghadirkan sepedamotor Meguro Z97 dalam beberapa varian, yaitu berkapasitas 125cc, 250cc dan 350cc single overhead valve.
Pada tahun 1950, Meguro menciptakan sepedamotor untuk arena balap sebagai sepedamotor Jepang pertama bermesin kembar (2 cylinder), berkapasitas mesin 651cc (39,7 cu in), yang didasarkan dari desain unit mesin vertikal kembar Inggris dan kemudian dilanjutkan dengan K-Series "Stamina" model, yang didasarkan dari BSA A7 A10 pada tahun 1953. Walaupun K-Series "Stamina" memiliki bentuk yang sama dengan BSA A7 A10, tapi secara kualitas dan teknik masih di bawah BSA, yang dijelaskan oleh Edward Turner, salah satu desainer motor paling berbakat Inggris.
Setelah Jepang mampu memproduksi sepedamotor yang dinilai "bagus" oleh Eropa, maka untuk pertama kali industri sepedamotor Jepang dianggap sebagai ancaman baru. Kemudian beberapa model produksi Meguro dirancang dan bekerja sama dengan Kawasaki yang merupakan sepenuhnya desain Jepang.
Pada tahun 1958, Meguro mengembangkan berbagai tipe sepedamotor dari 50cc, 125cc, 250cc dan 350cc, tapi menjadi produk yang gagal di pasaran karena memiliki harga yang terlalu mahal. Hingga tahun 1960, ratusan sepedamotor Meguro yang berkembang di Jepang memiliki model merupakan salinan model Eropa. Setelah mengalami pasang surut, kemudian perusahaan Meguro berafiliasi dengan perusahaan Kawasaki Aircraft. Hingga akhirnya pada tahun 1962, Meguro pun berubah nama menjadi Kawasaki Meguro, dan menghasilkan produk sukses B8 125cc. Kemudian pada Oktober 1964, melihat nilai komersial dan pemasaran sepeda motor, dan memproduksi bersama layanan industri berat dan terutama outlet pemasaran yang sudah mapan. Kawasaki mengambil kontrol penuh perusahaan. Bersama-sama, Kawasaki-Meguro works, mulai memproduksi sepedamotor bermesin 125cc, 175cc dan 250cc, silinder tunggal.
T 500cc T-Series, adalah seri model silinder kembar (2 silinder), yang dikembangkan sebagai 650cc twin W-Series, yang kemudian digunakan sebagai kendaraan dinas untuk keperluan pemerintah.
Meguro adalah salah satu perusahaan pembuat sepedamotor tertua di Jepang yang menjadi mitra dari Kawasaki Heavy Industries, Ltd. Sebelumnya telah berdiri dengan nama Meguro Seisakusho yang pernah mengembangkan salinan Harley Davidson V-twin pada tahun 1924. Perusahaan ini bertujuan merancang dan membangun gearbox untuk industri sepedamotor Jepang yang baru lahir, dan Abe Industries yang telah menghasilkan sepedamotor sendiri dan dikombinasikan dengan Meguro pada tahun 1931.Pada awalnya, produk sepedamotor Meguro, berkembang dengan baik, menjhadi prestise dan digunakan oleh militer dan polisi Jepang, dan berjalan beriringan dengan Honda.
Tapi kemudian Meguro mengalami masa krisis dan bangkrut, setelah meluncurkan beberapa jenis sepedamotor yang dijual dalam keadaan tidak bagus, dan mengalami tahun yang panjang pemogokan buruh.
Meguro 500cc OHV, model akhir 1930-an ('Net) (source: http://thevintagent.blogspot.com) |
Pada tahun 1950, Meguro menciptakan sepedamotor untuk arena balap sebagai sepedamotor Jepang pertama bermesin kembar (2 cylinder), berkapasitas mesin 651cc (39,7 cu in), yang didasarkan dari desain unit mesin vertikal kembar Inggris dan kemudian dilanjutkan dengan K-Series "Stamina" model, yang didasarkan dari BSA A7 A10 pada tahun 1953. Walaupun K-Series "Stamina" memiliki bentuk yang sama dengan BSA A7 A10, tapi secara kualitas dan teknik masih di bawah BSA, yang dijelaskan oleh Edward Turner, salah satu desainer motor paling berbakat Inggris.
Setelah Jepang mampu memproduksi sepedamotor yang dinilai "bagus" oleh Eropa, maka untuk pertama kali industri sepedamotor Jepang dianggap sebagai ancaman baru. Kemudian beberapa model produksi Meguro dirancang dan bekerja sama dengan Kawasaki yang merupakan sepenuhnya desain Jepang.
Pada tahun 1958, Meguro mengembangkan berbagai tipe sepedamotor dari 50cc, 125cc, 250cc dan 350cc, tapi menjadi produk yang gagal di pasaran karena memiliki harga yang terlalu mahal. Hingga tahun 1960, ratusan sepedamotor Meguro yang berkembang di Jepang memiliki model merupakan salinan model Eropa. Setelah mengalami pasang surut, kemudian perusahaan Meguro berafiliasi dengan perusahaan Kawasaki Aircraft. Hingga akhirnya pada tahun 1962, Meguro pun berubah nama menjadi Kawasaki Meguro, dan menghasilkan produk sukses B8 125cc. Kemudian pada Oktober 1964, melihat nilai komersial dan pemasaran sepeda motor, dan memproduksi bersama layanan industri berat dan terutama outlet pemasaran yang sudah mapan. Kawasaki mengambil kontrol penuh perusahaan. Bersama-sama, Kawasaki-Meguro works, mulai memproduksi sepedamotor bermesin 125cc, 175cc dan 250cc, silinder tunggal.
T 500cc T-Series, adalah seri model silinder kembar (2 silinder), yang dikembangkan sebagai 650cc twin W-Series, yang kemudian digunakan sebagai kendaraan dinas untuk keperluan pemerintah.
- Meguro Kawasaki SG (produk awal kerjasama dengan Kawasaki Aircraft)
- Paralel 2 - silinder 650cc
- Meguro Xenia T1 (1955-1960). OHV paralel twin silinder 650cc yang dikatakan telah memiliki pengaruh kuat pada Kawasaki W-Series
- Meguro Xenia T2 (1957-1960). Varian dari T1
- Meguro - Kawasaki 650 X (1966). Prototype saja, untuk Tokyo Motor Show 1966. Single silinder.
- Meguro Z97 (1937-1938). Model pertama perusahaan, 500 cc OHV single cylinder
- Meguro Z98 (1938-1941). Peningkatan dari Z97, sebuah OHV silinder tunggal 600cc atau 500cc
- Meguro Z1 (1947-1951). Serupa dengan Z98 sebelum perang
- Meguro Z2 (1951-1952). Meguro Z1 dengan hidrolik garpu depan
- Meguro Z3 (1952-1953). Meguro Z2 dengan perbaikan untuk suspensi belakang
- Meguro Z5 (1953-1955). 4-speed gearbox ("Z4" tidak digunakan karena dalam bahasa Jepang, karena mengandung makna seperti kata tabu, "4" arti kematian)
- Meguro Z6 (1955-1956). Perbaikan mesin besar yang berarti mencapai 20ph dan menjadi model yang diadopsi oleh pemerintah Jepang
- Meguro Z7 " Stamina " (1956-1960). Produk terakhir Meguro silinder tunggal. Paralel 2 silinder 500cc
- Meguro K " Stamina " (1960-1965). Dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 1960. Berkekuatan 39ph.
- Kawasaki 500/Meguro · K2 (1965-1966). Kawasaki Heavy Industries varian Meguro K-Series .Single- silinder 350cc
- Meguro Y " Rex " (1953-1956). Lebih kecil dan ringan model yang didasarkan pada 1956 Meguro Z. 346cc (21,1 cu in) OHV mesin satu silinder yang memproduksi 13ph
- Meguro Y2 " Rex " (1957-1959). Sebuah baja berbingkai varian Meguro Y. output meningkat menjadi 16 tenaga kuda. Single silinder 325cc
- Meguro TA (1959-1962). Model Sports
- Meguro YA " Argus " (1959-1962). Peningkatan versi TA. Single silinder 300cc
- Meguro J3/J3A "Junior" (1952-1956)
- Meguro J - 8 " Argus " (1963).Perubahan sistem pembuangan. Single silinder 250cc
- Meguro J "Junior" (1950-1951). Motor Jepang pertama 250cc. Suspensi belakang kaku tetapi dengan garpu depan hidrolik
- Meguro J2 "Junior" (1951-1952)Sebuah varian dari Meguro J. Dari model 1952 dilengkapi dengan suspensi belakang. Mesin OHV pushrod
- Meguro S "Junior" (1953-1954). Meguro J-Series upgrade ke 350cc dan untuk 250cc
- Meguro S3 "Junior" (1956-1959). Model terlaris di seri 250cc
- Meguro F (1958-1960). Model OHC
- Meguro S5 "Junior" (1959). Model mesin OHV diperkenalkan karena lesunya penjualan dari Meguro F
- Meguro S7 "Junior" (1960-1963). 12V peralatan listrik dengan baterai
- Meguro S8 "Junior" (1962-1964). Terakhir dari Meguro seri S dengan suspensi belakang
- Meguro AT " Auto Track" (1962-1964). Berdasarkan Meguro S3.
Ini adalah produk terakhir menggunakan nama Meguro, - Kawasaki Meguro - 250 SG (1964-1969). Ini produk terakhir antara Meguro dan Kawasaki, setelah kontrol penuh perusahaan dipegang penuh Kawasaki, yang kemudian nama Meguro pun hilang, tergantikan dengan nama Kawasaki hingga saat ini.
Hingga tahun 2000, Kawasaki membuat rancangan secara retrospektif sepedamotor 650cc, mesin kembar vertikal (2 silinder) disebut W650 yang didasarkan pada rancangan W2, yang diterima dengan baik dan mesin 250cc silinder tunggal bermesin 4-tak Estrella berdasarkan model awal Meguro.
source:
- http://www.classicjapcycles.com/history/meguro
- http://thevintagent.blogspot.com/2013/01/japanese-motorcycling-early-days.html
lihat juga:
- Hodaka
- Yamaguchi
- Marusho
Tidak ada komentar:
Posting Komentar