PT. Federal Motor yang didirikan pada 11 Juni 1971 merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT. Astra International. Saat itu, PT. Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).
Sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda di Indonesia adalah Honda Super 90 (Honda S 90) bermesin 4-tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama hanya 1500 unit, namun pada tahun berikutnya melonjak menjadi sekitar 30 ribu dan terus berkembang.
Saat ini Honda S 90, sudah masuk dalam kategori motor antik, dan sangat jarang terlihat di jalan-jalan raya. Hanya segelintir orang saja yang masih memiliki sepeda motor ini. Walaupun begitu, sepeda motor antik Honda ini tetap menjadi incaran para penggemar sepeda motor tua untuk menjadi salah satu koleksi pribadinya.
Honda S 90 (1967)
Honda S 90, diproduksi oleh Honda di Jepang pertama sekali pada tahun 1964. Masuk ke Indonesia pada tahun 1970 dalam bentuk CBU (Completely Build Up) atau dalam keadaan utuh didatangkan langsung dari Jepang. Sedangkan yang varian 1971 ke atas yang CKD (Complety Knock Down) atau dalam keadaan terurai dan dirakit di Indonesia.
Spesifikasi:
Honda S 90 (1964-1969)
- Mesin: 89cc, OHC, 1 silinder
- Busi: D6HA
- Baterai accu: 6N6-1B - 6 volt
- Transmisi: 4-speed, manual
Honda S 90 tersedia dalam beberapa warna, yaitu:
- putih
- hitam
- biru candy
- merah dan merah candy
Honda S 90 (1968)
Honda 90 Z (1969-1970)
Pada tahun 1969, secara resmi Honda telah merakit sebagian besar produknya di Indonesia (CKD) atau Complety Knock Down. Produksi Honda S 90 pun tetap berjalan sesuai permintaan konsumen dengan nama baru, Honda Astra 90 Z atau lebih dikenal dengan nama Honda 90 Z.
Honda 90 Z produksi tahun 1969, diluncurkan pada tahun 1970, mulai mengalami perubahan model pada tampilan tangki yang dilapisi logam yang dikrom. Sedangkan spec mesin tidak mengalami perubahan berarti dan tetap mengusung mesin 90cc, satu silinder.
Perjalanan Honda 90, yang berjaya sejak tahun 1964 akhirnya berhenti diproduksi pada tahun 1970, dan dilanjutkan oleh sang adik, Honda Benly S 110 dan Honda CB 100-K0.
source:
- http://adonlight.blogspot.com
- http://motorera.com
- http://davidregan.com
Sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda di Indonesia adalah Honda Super 90 (Honda S 90) bermesin 4-tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama hanya 1500 unit, namun pada tahun berikutnya melonjak menjadi sekitar 30 ribu dan terus berkembang.
Saat ini Honda S 90, sudah masuk dalam kategori motor antik, dan sangat jarang terlihat di jalan-jalan raya. Hanya segelintir orang saja yang masih memiliki sepeda motor ini. Walaupun begitu, sepeda motor antik Honda ini tetap menjadi incaran para penggemar sepeda motor tua untuk menjadi salah satu koleksi pribadinya.
Honda S 90 (1967)
Honda S 90 (1967) (source: http://motorera.com) |
Spesifikasi:
Honda S 90 (1964-1969)
Honda S 90 (1967) |
- Busi: D6HA
- Baterai accu: 6N6-1B - 6 volt
- Transmisi: 4-speed, manual
Honda S 90 tersedia dalam beberapa warna, yaitu:
- putih
- hitam
- biru candy
- merah dan merah candy
Honda S 90 (1968)
Honda S 90 (1968) (source: http://davidregan.com) |
Honda 90 Z (1969-1970)
Honda 90 Z (1969) |
Honda 90 Z produksi tahun 1969, diluncurkan pada tahun 1970, mulai mengalami perubahan model pada tampilan tangki yang dilapisi logam yang dikrom. Sedangkan spec mesin tidak mengalami perubahan berarti dan tetap mengusung mesin 90cc, satu silinder.
Perjalanan Honda 90, yang berjaya sejak tahun 1964 akhirnya berhenti diproduksi pada tahun 1970, dan dilanjutkan oleh sang adik, Honda Benly S 110 dan Honda CB 100-K0.
source:
- http://adonlight.blogspot.com
- http://motorera.com
- http://davidregan.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar