Pada tahun 1913, Eisuke Miyata (Miyata Seisakusho), pendiri perusahaan pembuat pistol dan sepeda (1892), membeli Triumph dan membuat semacam "replika" sebagai sepedamotor Asahi, yang awalnya digunakan oleh polisi Tokyo dan jajaran menteri pemerintahan. Diawali dengan harga ¥ 180.
Industri sepedamotor Jepang telah dimulai sejak 1933, meskipun saat itu Jepang belum bersatu, dan jalan-jalan masih sangat buruk. Pada masa itu Jepang tidak pernah menggunakan tenaga kuda dan gerobak untuk kegiatan membawa barang dalam periode feodal Jepang, hampir semua lalu lintas dilakukan dengan berjalan kaki.
Asahi AA Motorcycle (1933)
Sepedamotor ini adalah sepedamotor pertama yang diproduksi secara massal di Jepang pada awal periode Showa. Rangka terbuat dari lembaran baja press, sebagai model yang populer pada saat itu. Diproduksi secara massal dan terjual total 40.000 unit. Sepedamotor Asahi AA Motorcycle ini sekarang sudah sangat langka ditemukan.
Tidak diketahui kapan pastinya Miyata berhenti memproduksi sepedamotor, tapi untuk sepeda bertitel "Miyata" tetap diproduksi hingga saat ini.
terkait:
- http://thevintagent.blogspot.com/2013/01/japanese-motorcycling-early-days.html
- http://www.jsae.or.jp/autotech/data_e/4-2e.html
- http://blackcountrybiker.blogspot.com/2011/02/1950s-vintage-japanese-motorcycles.html
Industri sepedamotor Jepang telah dimulai sejak 1933, meskipun saat itu Jepang belum bersatu, dan jalan-jalan masih sangat buruk. Pada masa itu Jepang tidak pernah menggunakan tenaga kuda dan gerobak untuk kegiatan membawa barang dalam periode feodal Jepang, hampir semua lalu lintas dilakukan dengan berjalan kaki.
Asahi AA Motorcycle (1933)
Asahi AA Motorcycle (1933) (source: http://www.jsae.or.jp) |
Miyata-built 'Asahi' (1913) (Iwatate) (source: http://thevintagent.blogspot.com) |
ASAHI FA-II (1954) 250cc, 7.6bhp; 4200rpm (source: http://blackcountrybiker.blogspot.com) |
Tidak diketahui kapan pastinya Miyata berhenti memproduksi sepedamotor, tapi untuk sepeda bertitel "Miyata" tetap diproduksi hingga saat ini.
terkait:
- http://thevintagent.blogspot.com/2013/01/japanese-motorcycling-early-days.html
- http://www.jsae.or.jp/autotech/data_e/4-2e.html
- http://blackcountrybiker.blogspot.com/2011/02/1950s-vintage-japanese-motorcycles.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar