Pages

Suzuki GP 125

Tahun 1979 tau memasuki 1980-an Suzuki meluncurkan Suzuki GP 125 yang termasuk motor yang menarik dari segi penampilannya. Tidak hanya itu, kemampuan motor ini pun sangat baik dan bertenaga. Sehingga mampu bersaing dengan motor 2-tak lainnya. Suzuki GP 125 juga sangat nyaman dikendarai, dan mampu melesat sampai batas 140 kpj dengan waktu yang singkat. Motor inipun sering disertakan dalam ajang grasstrack di berbagai daerah di Indonesia.

Spesifikasi:
Suzuki GP 125
Mesin: Air-cooled 123 cc single cylinder 2-stroke, rotary valve.
Maximum power output: 14 hp/ 8.000 rpm
Maximum torque: 1,3 kpm/ 7.500 rpm
Bore x stroke: 56,0 x 50,0 mm
Compression ratio: 6.8 :1
Clutch type: Wet multi-plate
Transmission type: 5-speed constant mesh
Primary drive: chain
Starting system: Kick starter





Dimensi:
Panjang x Lebar Tinggi: 1. 895 x 750 x 1.055 mm
Wheelbase: 1.235 mm
Dry weight: 101 kg

Frame type: steel pipe
Suspensi:
- depan: Telescopic, oil dampened
- bnelakang: Swinging arm, oil dampened
Rem:
- depan: Single disc
- belakang: Internal expanding
Ban:
- depan: 2.75-18"
- belakang: 3.00-18"
Velg type: steel rime, wire wheels

relate:
- http://www.suzukicycles.org/GP-series/GP125.shtml

Yamaha RX King

Hampir semua orang pasti mengenal motor Yamaha RX King, si raja jalanan, si jago merepet dan raja kebul dengan suara brisiknya memekakkan telinga orang di dekatnya. Saat ini Yamaha RX King ini sudah tidak dikeluarkan lagi oleh pabrikan Yamaha Indonesia. Selain sudah mulai jarang terlihat di jalanan. Yamaha RX King ini termasuk lama melakukan perjalanannya di Indonesia, kalau tidak salah sejak tahun 1980 sampai lewat tahun 2010-an. Para penggemar fanatiknya masih tetap melakukan perawatan kontinyu agar Yamaha RX King miliknya tetap kinclong dan meraung-raung di jalanan. Yamaha RX King dicap sebagai motor kencang wakaupun bukan yang terkencang, telah banyak meninggalkan sejarah dan kenangan selama beberapa dekade di Indonesia.

Spesifikasi:

Model: Yamaha RX King
Tahun: 1980-2008

RX King (1983)
Mesin: 2-stroke, single cylinder
Kapasitas mesin: 132 cc (135)
Bore x stroke: 58 x 50 mm
Rasio kompresi: 6,9 : 1
Max. power: 18,5 ps @ 9000 rpm
Max. torsi: 1.54 kgf.m  @ 8000 rpm
Pendingin: udara
Karburator: Mikuni VM26
Pengapian: CDI
Battery/accu: GM 3-3B/12,3
Busi: BP 8HS-10
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kopling: manual, basah, multiplat
Pelumasan: autolube
Starter: kick

Dimensi:
Rangka: double cradle
Panjang x lebar x tinggi: 1970 x 735 x 1065 mm
Jarak sumbu roda: 1245 mm
Jarak ke tanah: 160 mm
Tinggi jok: 770 mm
Kapasitas olie samping: 1 liter
Tangki bbm: 9,5 liter
Berat: 100 kg

Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swing arm, double shock
Ban:
- depan: 2.75-18-4pr
- belakang: 3.00-18-4pr
Rem:

Honda New CBR 250R

Motor sport entry level dari Honda yang hadir dengan desain baru agresif dengan mengusung model lampu utama depan kembar serta didukung dengan mesin berteknologi injeksi yang reponsif dan lebih bertenaga. Honda New CBR250R yang hadir pada 2015 ini menawarkan kebanggaan tersendiri bagi pecinta motor sport premium di Indonesia.

Honda New CBR250R mengusung konsep desain mass forward proportion yang dipadukan dengan desain full fairing terbaru All New Honda CBR250R 2015 yang terinspirasi dari varian tertinggi Moge Honda, Honda CBR1000RR. MesinDOHC 1 cylinder terbukti sangat kuat dan bertenaga, terbukti dengan prestasinya beberapa kali menjuarai ajang balap Asia ARRC dengan menaklukkan para saingannya seperti Kawasaki Ninja 250R dan Yamaha R25.
Konsep desainnya yang aerodinamika meningkatkan performa, sekaligus memperkuat imagenya sebagai motor balap terbaik di kelasnya dengan kesan mewah dan sporty.

Spesifikasi:
: Honda New CBR 250 R
:250
:2015


Honda New CBR250R
Mesin: 4-stroke, DOHC, single cylinder
Volume Langkah: 249,67 cm3    
Bore x stroke: 76,0 x 55,0 mm      
Rasio Kompresi: 10.7 : 1      
max power: 29,0 PS (21,0kW) / 9.000 rpm      
max torsi: 23,0 Nm (2,3 kgf.m) / 7.500 rpm      
Kapasitas Olie Pelumas Mesin: 1,8 liter      
Kopling: Wet Multiplate with Coil Springs  
Transmsi: Constant Mesh 6-Speed Return     Pola Pengoperan Gigi: 1-N-2-3-4-5-6    
Battery: 12V - 6Ah    
Busi: NGK 81MR8A9      
Pengapian: Full-Transistor Baterry Ignition
Starter: Elektrik Starter


Dimensi        
Panjang x Lebar x Tinggi: 2.033 x 720 x 1.119 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.378 mm
Jarak terendah ke tanah: 146 mm
Berat kosong: 164 Kg
Tangki bahan bakar: 13 liter    

Rangka: Twin Spar Steel    
Suspensi:
- depan: Teleskopic
- belakang: Swing arm(Pro-Link)    
Ban:
- depan: 110/70-17M/C (Tubeless)    
- Belakang: 140/70-17M/C (Tubeless)    
Rem:
- depan: Cakram Hidrolik (versi Anti-Lock Brake System)    
- belakang: Cakram Hidrolik (versi Anti-Lock Brake System)

Gallery
Honda New CBR250R - 2015 -Red


Honda CB Unicorn 160

Honda CB Unicorn ? Honda apalagi itu ? Setelah kita ketahui Honda CB150R yang spektakuler itu, juga ada CBR150R dan CBF190 dan ada juga CB Trigger di India , dan  ini CB apalagi ? Ternyata banyak sekali versi CB. Honda CB Unicorn ini hanya beredar di India.
Seperti yang kita ketahui di India Honda memiliki pasar yang kuat bersama Hero Motor, Bajaj dan TVS. Keempat pabrikan inilah yang menguasai pasar sepedamotor di India.
Honda CB Unicorn dibuat untuk para pekerja aktif di India yang selalu membutuhkan sepedamotor tangguh dan kuat untuk dibawa beraktifitas seharian penuh. Honda CB Unicorn beredar dalam dua versi, yaitu  150cc dan 160cc.

Mari kita lihat spesifikasinya:

Spesi f ikasi
:Honda CB Unicorn
:160

Honda CB Unicorn 160 
Mesin: 4-stroke, SOHC, single cylinder
Displacement: 160cc (162.71 cc)
Rasio Compressi: 10 : 1
Borex stroke: 57.3 x 63 mm
Max power: 14.5 Hp @ 8000 rpm
Max torque: 14.61 N.m @ 6000 rpm
Transmisi : 5-speed  (1-N-2-3-4-5)
Top Speed: 120 kmph
Battery: MF 12V 44Ah
Starter: self starter dan kick




Dimensi:
Panjang x Lebar x Tinggi: 2045 x 757 x 1060 mm
Ground Clearance 150 mm
Wheelbase 1324 mm
Kerb/Wet Weight 135 kg
Fuel Tank Capacity 12 liter
Speedometer Digital

Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: Spring Loaded Hydraulic Type (Monoshock)
Ban:
- depan: 80/100-17 Tubeless
- belakang: 110/80-17 Tubeless
Wheel Type: Alloys
Rem:
- depan: 240 mm Disc
- belakang: 130 mm Drum

Gallery
Honda CB Unicorn 160 - red


Honda Hunk 150

Di tengah perjalanan HondaMegapro, sempat tersebar issu entah darimana sumbernya, bahwa Honda Indonesia akan menghadirkan Honda Hunk 150 yang sebelumnya telah hadir di India. Dulu Honda Hunk sempat diissukan akan menggantikan posisi Honda Megapro sebagai motor sport Honda di Indonesia. Tapi ternyata Honda Verza lah yang menggantikan Mega Pro.Sepertia apa penampilan Honda Hunk yang batal masuk keIndonesia itu,atau mungkin mesinnya sama dengan Verza.

Spesifikasi:
: Honda Hunk 150
:150cc

Honda Hunk 150 - Blue
Mesin: 4-stroke, SOHC, single cylinder, air cooled
Displacement: 150 cc (149,2cc)
Max power: 10,kw (14,4 hp) @ 8500 pm
Max torque: 12,80 Nm @ 65900 rpm
Bore x stroke: 57,3 x 57, 8 mm
Cluch & Gear box: multi plate wwet 5 -speed constant mesh
Pengapian: DC AMI Advanced Microprocessor
Battery: 12v 4Ah, MF Battery
Starter: self starter / kick




Dimensi:
Panjang x Lebar x Tinggi: 2080 x 765 x 1095 mm
Wheelbase: 1325 mm
Ground clearance: 140 mm
Fuel tank capacity: 14 liter
Berat: 146 kg

Brake:
- depan:      disc:240 mm
- belakang:  disc 230 mm
Ban:
- depan:     2,75 - 18" , 42 P Tubeless
- belakang: 100/90 - 18", 56 P Tubeless
Headlight: 12v - 35w / 35w Halogen bulb

Gallery
Honda Hunk 150 



Yamaha New Vixion Advance

Selangkah lebih duluan dari Honda yang akan mengeluarkan facelift Honda CB150R,Yamaha lebih dahulu meluncurkan facelift dari Yamaha New Vixion, yaitu New Vixion Advance, yang diduga dan diharapkan para peminat Yamaha sudah mengalami perubahan dan peningkatan berarti seperti bermesin DOHC dan 6-speed gearbox. Tapi, agak mengecewakan para peminatnya, karena New Vixion Advance ternyata masih setia dengan SOHC nya dan transmisi masih tetap 5-speed gearbox, alias tak berubah apa-apa di sektor mesin.
Mungkin perubahan paling kentara di sektor batok lampu depan yang meninggalkan wajah "Sinchan"nya menjadi lebih sporty. Yamaha New Vixion Advance ini adalah generasi kedua New Vixion, atau generasi ketiga Vixion sejak kemunculan Old Vixion pertama sekali.
Tapi apa gunanya selangkah duluan,  kalau akhirnya kesalip oleh Honda CB150R Facelift yang tampil lebih garang luar dalam.
Mudah-mudahan kelemahan utama New Vixion di daerah komstir sudah diperbaiki, dan juga masalah mesin ngebul, boros olie dan ring piston mudah bermasalah seperti yang dialami oleh Old Vixion dan New Vixion Lightning sudah tidak dialami lagi di New Vixion Advance.
Mengenai harga yang menyentuh harga 24 juta atau lebih rasanya rada berlebihan atau lumayan mahal untuk mesin sekelas SOHC dan 5-speed gearbox yang sudah lama dipakai olehYamaha Old Vixion.
Tapi mungkin itu semua tak jadi masalah asal penjualan tetap moncer.

Mari kita lihat spec Yamaha New Vixion Advance.

Spesifikasi:
:2015
:150cc

Yamaha New Vixion Advance
Mesin: SOHC 4-stroke 4-katup single cylinder
Displacement: 150cc
Pendingin: cairan
Bore x stroke: 57 x 58,7 mm
Rasio kompresi: 10,4 : 1
Max power: 12,2 kw / 8500 rpm
Max torsi: 14,5 Nm / 7500 rpm
Pelumasan: Basah
Olie mesin: 1,15 liter
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Kopling: basah, manual, multiplat
Transmisi: 5- speed (1-N-2-3-4-5)
Pengapian: TCI
Battery: GTZ4V / YTZ 4V
Busi: NGK / CR8E & Denso /U24ESR-N
Top-speed: 120 kpj
Starter: electric dan kick


Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 1925 x 720 x 1030 mm
Jarak sumbu roda: 1300 mm
Jarak terendah ke tanah: 165 mm
Tinggi jok: 790 mm
Berat: 131 kg
Tangki bbm: 12 liter

Rangka: Diamond
Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swingarm
Ban:
- depan: 90/80-17M/C (46P)
- belakang: 120/70-17M/C (58P)
Rem:
- depan: single disc brake
- belakang: single disc brake

Honda CB Trigger 150

Di India beredar satu jenis motor sport 150 yang penampilannya lumayan, tapi tidak ada rencana untuk dimasukkan ke Indnesia. Karena di Indonesia sendiri telah hadir motor yang bertipe sama dengan CB Trigger ini, yaitu Honda Verza yang juga bermesin 150 cc. Honda CB Trigger ini bisa dibilang sangat mirip dengan Honda Verza, terutama bagian mesinnya,.sedangkan untuk penampilannya juga mirip.


Spesififikasi:

Honda CB Trigger 150
Mesin: 4-stroke, SOHC, single cylinder
Displacement: 150cc (149.1 cc)
Compression Ratio 9.5:1
Bore x stroke: 57.3 x 57.8 mm
Max power: 14.35 Bhp @ 8500 rpm
Max torque: 12.5 Nm @ 6500 rpm
Gearbox 5-Speed (1-N-2-3-4-5)
Cooling Air Cooling
Air Filter Type Viscous paper filter
Starter: electric & kick


Dimensi:
Battery: 12v 4Ah
Panjang x Lebar x Tinggi: 2045 x 757 x 1060 mm
Ground Clearance 175 mm
Seat Height 780 mm
Wheelbase 1325 mm
Kerb/Wet Weight 135 kg
Tank capacity: 12 liter

Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: Suspension Spring loaded hydraulic type (monoshock)
Rem:
- depan: 240mm Disc (CBS)
- belakang: 220mm Disc
Ban:
- depan: 80/100-17"
- belakang: 110/80-17"
Wheel Type: Alloys

Head Light 12V 35/35W


- http://www.bikewale.com/honda-bikes/cbtrigger/
- http://bikeportal.in/newbikes/compare/honda-cbr-150r-vs-honda-cb-trigger-vs-honda-cb-unicorn.html

Honda New CB 150R

Tahun 2015 hadir juga yang telah ditunggu-tunggu para penunggang motor Honda, yaitu New CB 150R dengan penampilan terbarumya yang lebih garang dan lebih sporty. Sempurnalah kata orang karena motor ini tidak hanya garang di mesin, tapi sekarang penampilannyapun berubah menjadi garang. Berbeda dengan penamampilan sebelumnya yang kalem. Honda new CB150R lebih ditujukan untuk anak muda Indonesia ataupun pengguna motor yang sudah mengerti menilai kualitas spesifikasi motor.
Dengan penampilan barunya dan dengan mesin DOHC dan transmisi 6-speednya diperkirakan akan mampu mengalahkan dengan Yamaha New Vixion yang hanya bermesin SOHC dan transmisi yang hanya 5-speed di pasar penjualan motor Indonesia.
Tentunya dengan spec yang dimliki Honda new CB150 R ini membuat waswas pabrikan Yamaha dan Suzuki. Apakah level motor sport akan dikuasai oleh Honda ?. Setelah level bebek dan matic mutlak dikuasai oleh Honda. Yamaha dan Suzuki tentunya harus lebih kerja keras mengejar ketertinggalannya.

Spesifikasi:
: Honda CB150R
:2015

Honda New CB150R
Mesin: 4-stroke,  DOHC, single cylinder, berpendingin cair
Kapasitas : 150 cc (149,16 cc)
Bore x Stroke : 57,3 x 57,8
Rasio Kompresi : 11,3:1
Max Power : 12,5 kW (16,76 HP) 9,000 rpm
Max Torsi : 14,0 Nm 7,000 rpm
Kapasitas Tangki Bensin : 12 liter
Tipe Pelumasan : Basah
Transmisi : 6-speed (1-N-2-3-4-5-6)

Dimensi:
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.019 x 719 x 1.039 mm
Sumbu Roda : 1.293 mm
Tinggi Jok : 797 mm
Ground Clearance : 169 mm
Berat Kosong : 136 kg


Rangka
Rangka : Diamond Truss Frame
Suspensi:
- depan: Teleskopic
- belakang: Mono link
Rem:
- depan: cakram
- belakang: calram
Ban:
- depan: 100/80-17"
-belakang : -130/70-17"

Lampu depan dan belakang : full LED

Harga:
- Rp. 24,5 juta OTR Jakarta

Gallery
Hond new CB150R - white


SYM Jet Power 125

Motor Matic keluaran SYM (salah satu perusahaan pembuat sepedamotor dan mobil dari Taiwan), telah meluncurkan sebuah motor cantik yang penampilannya sangat mirip dengan Honda Vario. Tidak aneh karena memang produk Honda banyak menjadi inspirasi bagi perusahaaan pembuat sepedamotor di seluruh dunia, terutama dari China dan Taiwan.
Kapasitas mesin 125cc sama dengan Honda Vario yang juga 125cc,tentunya memberi pilihan tambahan bagi peminat motor Matic di Indonesia, selain harganya yang lebih murah. Yang pasti SYM Je Power 125 ini jangan dianggap remeh, karena sudah terbukti keandalan dan ketanguhan produk-produk SYM ini, dan produk mereka juga hebat seperti. Sepedamotor, ATV bahkan Mobil dan Minitruck.
Mari kita lihat sepesifikasinya.

Spesifikasi SYM Jet Power 125

SYM Jet Power 125
Mesin: 4-stroke, single cylinder
Kapasitas mesin: 125cc
Bore x stroke: 52,4mm  x 57,8mm
Cooling system: air cooled
max power: 8,5 ps @7500 rpm
compresion: 9,6 : 1
Ignition: DC-CDI
Starter: kick and electric
Fuel Consumption: 43,5km / liter @ 80 km/h
Trnasmisi: CVT Clutch Automatic centrifugal

Electrical system:
Battery 2V 6Ah (MF Maintenance Free)
Front Light Bulb
12v 35w

Dimension:
P x L x T: 1850 x 690 x 1090 mm
Berat: 105kg
Suspensi:
- depan: telescopic fork
- belakang: swing arm
Rem:
- depan: disc 180mm
- belakang: drum  130mm
Ban:
- depan: 80/90 - 14"
- belakang: 90/90- 14"

Harga: sekitaran 13 juta


Honda Blade 125 FI

Tahun 2015 Honda memperkenalkan Honda Blade Jilid 2 yang sudah diupgrade menjadi 125cc. Dengan mesin dan tenaga baru membuat Honda Blade semakin tangguh dan siap bersaing dengan para saingannya.
Sebelumnya senmpat beredar rumor bahwa Honda Blade baru ini akan dicangkokkan mesin Honda CS1 125 yang sudah naik kelas ke kelas 150. Tapi ternyata hal itu tidak terjadi, dan Honda Blade tetap mengunakan mesin lamanya yang diupgrade menjadi 125.
Walaupun tidak jadi menggunakan mesin CS1, Honda Blade pastilah tangguh dengan performa dan berbagai fiur andalan yang dimilikinyanya saat ini.

5 fitur unggulan yang diterapkan pada Honda Blade 125 FI ini adalah:
  • 4L BIGGER FUEL TANK W/ CAP HOLDER,
    Kapasitas tanki bahan bakar lebih besar dan dilengkapi tempat penutup, untuk kepraktisan saat mengisi bahan bakar.
  • FRONT & REAR DISC BREAK,
    Dilengkapi dengan rem cakram depan dan belakang sehingga lebih optimal dalam pengereman.
  • SPORTY PANELMETER,
    Indikator dengan pencahayaan ilumi, tampil lebih keren, modern dan informatif.
  • AUTO SECURE KEY SHUTTER.
    Sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman, untuk mengurangi resiko pencurian.
  • SPORTY MUFFLER,
    Knalpot dengan desain baru bergaya sporty yang dilengkapi dengan pelindung panas.

Spesifikasi Honda Blade 125 FI (2014)

Honda Blade 125 FI
Mesin:
4-stroke, SOHC, single cylinder 
Sistem Pendingin : Pendingin Udara
Diameter x langkah : 52.4 x 57.9 mm
Volume langkah : 124.89 cc
Perbandingan kompresi : 9,3 : 1
Daya maksimum : 7.40 kW (10.1 PS) / 8000 rpm
Torsi maksimum : 9,30 Nm (0.95 kgf.m) / 4000 rpm
System Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Kopling : Multiple Wet Clutch With Coil Spring
Starter : Starter Kaki dan Elektrik
Busi : NGK CPR6EA-9 / ND U20EPR9


Kapasitas:
Tangki bbm: 4,0 liter
Minyak pelumas mesin : 0.7 liter pada penggantian periodik
Transmisi : 4-speed, Rotary
Pola pengoperan gigi : N-1-2-3-4-N

Kelistrikan:
Aki : MF Battery 12V - 3.0 Ah
Sistem pengapian : Full Transisterized
Dimensi :
Panjang x lebar x tinggi : 1.902 x 707x 1.103 mm
Jarak sumbu roda : 1.235 mm
Jarak terendah ke tanah : 136,5 mm
Berat kosong :106 kg (Tipe Double Disc Brake) / 104 kg (Tipe Single Disc Brake)
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan suspensi ganda
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Harga New Honda Blade FI:
New Honda Blade FI S : Rp 15.700.000,-
New Honda Blade FI R : Rp 16.200.000,-
New Honda Blade FI Repsol Special Edition : Rp 16.400.000,-




Sejarah Motor (Sport Jantan) Yamaha di Indonesia

Yamaha, merupakan salah satu produsen besar sepedamotor di Indonesia yang telah hadir sejak tahun.. .
Sepedamotor yang pertamakali diperkenalkan ialah sepedamotor tipe sport yang diperuntukkan ntuk kaum laki-laki.  Mari kita lihat  sepedamotor apa saja itu.

Yamaha L2 (1976-1979)
Yamaha L2
Pada tahun 1976 Yamaha Indonesia meluncurkan motor sport-jantan pertamanya yaitu Yamaha L2 yang mungkin menurut istilah sekarang disebut bergaya retro atau mungkin naked-bike. Bermesin 2-tak, kapasitas 100cc, motor ini lumayan tangguh. Memang pada masa dahulu produsen motor mengeluarkan motor lebih mengutamakan ketangguhan dan dan daya tahan di berbagai medan. Pada saat kemunculanYamaha L2 ini makin meramaikan pasar motor di Indonesia yang sebelumnya juga ada produk Honda sejenis yang bergaya sama hadir di masa  ini yaitu Honda 90Z.


Yamaha L2-G (1980)
Yamaha L2 G
Pada tahun 1980 Yamaha kembali meluncurkan sang adik yaitu Yamaha L2-G, masih berkapasitas 100 cc dan bermesin 2 tak, tidak ada perubahan tapi Yamaha L2-G tetap diterima masyarakat, sehingga pemakainya pun termasuk banyak di Indonesia.









Yamaha L2 Super (1981-1984)

Yamaha L2 Super
Tahun 1984 Yamaha Indonesia mengeluarkan lagi versi terakhir Yamaha L2 yang diberinama L2 Super. Tentunya sang adik bungsu L2 ini memiliki penampilan yang sedikit mengalami perubahan jadi terlihat lebih menarik dan lebih rapi. Masih bemesin 2-tak, sedangkan pada mesin tidak mengalami perubahan.




Yamaha AS3 Twin (1973-1977)
Yamaha AS3 Twin
Setelah era "L" berakhir kini hadir seri "AS", yaitu Yamaha AS3 Twin yang bermesin ganda, kurang diketahui apakah motor ini hadir di Indonesia. Tapi yang pasti motor ini pasti sangat bertenaga dan kencang. Motor ini sempat beredar di kota Medan pada tahun 70-an.







Yamaha RX125 Twin (1976-1979)
Yamaha RX125 Twin
Pada tahun 1976 ini Yamaha memperkenalkan species terbaru Yamaha yang memiliki style sebagai sebagai motor kencang, yaitu Yamaha RX125 Twin. Motor inilah sebagai seri "RX" pertama yang bakal malang melintang melakukan perjalanan panjang di dunia sepedamotor Indonesia. Motor ini di cap "kencang", dan rupanya tidak hanya anak muda saja yang tertarik dengan motor ini, tapi para penjambret juga tertarik menggunakan motor ini untuk melakukan aksinya. Yamaha RX 125 Twin ini kalau di tempat asalnya dikenal dengan nama Yamaha RD 125 DX. Yamaha RX 125 Twin ini di beberapa daerah di Indonesia sempat disebut sebagai Yamaha Rengex Cepek Selawe.


Yamaha RS100 (1977)
Yamaha RS100
Setelah sempat mengeluarkan motor dengan kapasitas mesin 125cc, pada tahun 1977 Yamaha Indonesia kembali meluncurkan motor sport ber kapasitas 100cc, yaitu Yamaha RS 100.  Tapi  walaupun 100cc tapi motor ini lumayan bertenaga dan lincah dikendarai, hanya modelnya saja sepertinya kembali ke model lawas, seperti era Yamaha L2.





Yamaha RX100 (1977-1981)
Yamaha RX100
Kemudian tahun1977, seri "RX" hadir lagi, tapi dengan kapasitas mesin tetap  100cc. Tapi nama "RX" rupanya nama yang sakti. Nama ini akhirnya menjadi nama yang melegenda di Indonesia, karena perjalanannya yang panjang dan Yamaha "RX", tetap memiliki penggemar tersendiri sampai saat ini.




Yamaha RX125 Engkel (1979-1983)
Yamaha RX125 Engkel
Tahun 1979 hadir kembali versi RX 125, kali ini bermesin tunggal, lebih ringan, lebih bertenaga dan cepat disukai orang.Penampilannya lumayan sangar ditambah suara knalpotny yang merepet pedas menjadi ciri khas Yamaha RX125 engkel pada era 80-an. Yamaha RX 125 engkel ini banyak memiliki penggemar dan pemakainya pun sangat banyak, selain itu motor inipun dianggap motor kencang. Saingannya saat itu adalah Honda GL 125 dan Suzuki GP 125.




Yamaha RX-K (1980-1983)
Yamaha RX-K
Yamaha rupanya terus mengembangkan versi "RX" dengan mengeluarkan Yamaha RX-K yang berkapasitas 135cc. Kapasitas mesin membengkak menjadi 135cc. Inilah yang jadi cikal bakal Yamaha RX King. Yamaha RX-K adalah tunggangan yang keren pada masa itu. Dengan kapasitas mesin 135cc tentunya mudah bagi kuda besi ini untuk melibas saingan-saingannya



Yamaha RX-S (1981)
Yamaha RX-S
Yamaha terus menggeluarkan seri RXnya yang ternyata banyak macamnya, setelah RX125. lalu RX100, kemudian RX-K dan diteruskan dengan RX-S di tahun 1981. Hal ini agak membingungkan para pengguna motor di Indonesia karena banyak sekali versi "RX" yang keluar. Penampilan RX-S sendiri mirip dengan Yamaha RX-K, hanya warnanya yang lebih menarik dan kapasitas mesin mengerut menjadi 115cc.



Yamaha RX Special (1983)
Yamaha RX Special
Tahun 1983 Yamaha Indonesia terus mengeluarkan seri "RX"nya. kali ini diberi nama "Special" . Nama Istilah Special yang disandangnya agak membingungkan juga, special sebagai lanjutan RX-S atau special punya makna lain. Dari komentar yang pernah menunggangi RX-Special ini, katanya motor ini benar-benar lincah dan sangat bertenaga.





Yamaha RX King (1980-2008)
Yamaha RX King  (1983)
Inilah yang menyatakan dirinya sebagai Raja. Dan memang di awal kemunculannya sepedamotor ini menjadi "raja" jalanan, alhasil pencopet dan penjambretpun suka mengendarai si raja ini. Di awal kemunculannya saingan utamanya adalah Suzuki GP 125 yang sama tangguhnya. Tapi dengan kapasitas mesin 135cc, RX King otomatis masih unggul performa, terutama di tarikan awal. Di masanya mungkin saat inipun hampir semua orang mengenal motor Yamaha RX King, si raja jalanan, si jago merepet dan raja kebul dengan suara brisiknya memekakkan telinga orang di dekatnya. Saat ini Yamaha RX King ini sudah tidak dikeluarkan lagi oleh pabrikan Yamaha Indonesia. Selain sudah mulai jarang terlihat di jalanan. Yamaha RX King ini termasuk lama melakukan perjalanannya di Indonesia, kalau tidak salah sejak tahun 1980 sampai lewat tahun 2010-an. Para penggemar fanatiknya masih tetap melakukan perawatan kontinyu agar Yamaha RX King miliknya tetap kinclong dan meraung-raung di jalanan. Yamaha RX King telah banyak meninggalkan sejarah dan kenangan selama beberapa dekade di Indonesia.

Yamaha RX King (2004)




Yamaha RZ-R (1988-1997)
Yamaha RZ-R
Tahun 1988 Yamaha menggebrak mengeluarkan senjata barunya yaitu Yamaha RZ-R, gempuran Suzuki yang kerap mengeluarkan motor kencang seperti Suzuki TRZ dan Suzuki RGR. Yamaha menjawab dengan meluncurkan Yamaha RZR yang dahsyat langsung menggebrak di berbagai arena balapan. Kapasitas mesin 135cc adalah cc yang besar, sementara saingan-saingannya bermain di 125 cc. Dan tentunya Yamaha RZ-R menjadi sepedamotor yang disegani pada masa itu.Yang menakutkan adalah motor ini sanggup menghasilkan max power sebesar 20 daya kuda.

Yamaha RX-R (1988)
Yamaha RX-R
Untuk mengimbangi Suzuki dengan RGRnya,  Yamaha meluncurkan lagi senjata terbarunya, yaitu Yamaha RX-R. Sayangnya Yamaha malah menurunkan kapasitass mesin produknya ini menjadi 115cc. Sepertinya ini jadi blunder buat Yamaha karena Yamaha RX-R masih kalah bersaing dengan Suzuki RGR.





Yamaha RX-Z :
Species baru dari Yamaha inilah yang layak disebut "raja" di masa 90-an. Memiliki tenaga kuda sebesar 21 hp tentunya sangat mengerikan buat yang mencobanya. Kapasitas mesin 135cc dengan raungan mesin dan suara knalpot yang dahsyat, menggetarkan saingan-saingannya. Karena kesuksesan dan kedahsyatannya Yamaha RX-Z ini pun dalam 4 tahun hadir sebanyak 4 generasi.
- gen 1: (1987-1988)
Yamaha RX-Z gen. 1
Yamaha RX-Z generasi 1, bermesin 135cc memang tangguh dan penampilannya yang mengadopsi motor ala motogp, cepat disukai oleh penggunamotor d Indonesia.









- gen 2: (1989-1997)
Yamaha RX-Z gen. 2









- gen 3: (1998-2003)
Yamaha RX-Z gen. 3












- gen 4: (2004-2008)
Yamaha RX-Z gen. 4













Yamaha Scorpio Z (2005-2008)
Yamaha Scorpio
Memasuki era modern Yamaha pun mulai beralih ke mesin 4-tak, tidak tanggung-tanggung Yamaha langsung menggebrak dengan mesin besar berkapasitas 225cc,untuk mengungguli Honda Tiger yang cuma 200cc.
Inilah motor Yamaha bergaya jantan bermesin 4-tak pertama yang hadir di tahun 2005 menyusul Suzuki yang juga pindah ke 4-tak dengan Suzuki FX150R nya. Kapasitas mesin yang 225cc dan tubuh motor yang sangat berat membuat motor ini kurang lincah di jalan raya. Akibatnya Yamaha Scorpio belum bisa menggoyahkan Honda Tiger yang lebih dahulu hadir di kelas menengah 200 cc ke atas.

Yamaha New Scorpio Z (2010-2013)
Yamaha New Scorpio Z
Tahun 2010 Nasib Yamaha Scorpio yang tersendat- sendat, harus di"baru"kan alias dihadirkan versi terbarunya, yaitu Yamaha New Scorpio Z.
Penampilan baru senenarnya lebih baik, hanya terlihat lebih gemuk dan lebih gede, sehingga membuat orang berfikir dua kali untuk membelinya, selain di mesin tidak mengalami perubahan berarti. Dan Nasib Yamaha New Scorpio pun tidak lebih baik dari sang abang yang kurang lancar di pasaran.

Yamaha Byson (2010-...)
Yamaha Byson
Tahun 2010 ini Yamaha meluncurkan species baru bertipe sport-naked-touring-bike, yaitu Yamaha Byson yang berkapasitas 150cc, sebelumnya motor ini dirumorkan bakal keluar dengan kapasitas mesin 180cc, tapi ternyata Yamaha Byson hadir dengan kapasitas mesin 150cc. Yamaha Byson cukup mengejutkan karena tangki yang digunakannya sangat besar, bisa menampung sebanyak 12 liter bensin. Di beberapa daerah di Indonesia motor ini punya sebutan sendiri. Ada yang menyebutnya si"kebo"mungkin sinonim dari nama "Byson". Secara fisik Yamaha Byson ini cukup menarik dan tangguh dan nyaman dibawa touring atau perjalanan jauh ke luar kota.


Yamaha V-Ixion (2010-2012)

Yamaha V-Ixion
Tahun 2010 setelah Yamaha Byson, Yamaha meluncurkan satu lagi juga bertipe sport-touring-bike, yaitu Yamaha V-Ixion atau biasa disebut "Vixion", ada juga yang menyebut "Piksen". Disinilah era kesuksesan Yamaha dimulai. Dengan hadirnya Yamaha Vixion ini, maka saingan Yamaha, khususnya di level motor jantan seperti Honda Megapro dan Suzuki Thunder takluk di tangan Yamaha Vixion. Penjualan yang meningkat setiap bulannya, membuat Yamaha Indonesia pun mengeruk keuntungan yang besar.





Yamaha New Vixion (2012-..)
Yamaha New Vixion
Pada tahun 2012, melanjutkan kesuksesan Yamaha V-Ixion, Yamaha Indoonesia kembali meluncurkan Yamaha New Vixion yang memiliki penampilan yang gagah dan garang. Kehadiran Yamaha New Vixion pun kembali meraih kesuksesan. Unggul di penampilan yang membuat motor inil laris manis, sayangnya di segi performa Yamaha New Vixion yang hanya mengandalkan mesin SOHC dan transmisi 5 percepatan, masih "takluk" dari Honda CB150R yang juga hadir di tahun ini dengan mesin DOHC dan transmisi 6 percepatan dan dari si bebek super andalan Suzuki, yaitu Suzuki Satria.

Yamaha R15 (2014-...)
Yamaha R15
Pada tahun 2014, Yamaha terpancing dengan gebrakan Honda yang meluncurkan Honda CB150R dan Honda CBR150R yang dengan telak mempecundangi Yamaha New Vixion, Yamaha Indonesia pun meluncurkan sport-jantan-supernya, yaitu Yamaha R15. Tapi setelah dinantikan sekian lama oleh pengguna setia Yamaha. Ternyata mesin Yamaha R15 tidak beda jauh dengan Yamaha New Vixion alias sama, masih SOHC, hanya transmisi meningkat menjadi 6-speed. Melihat performa Yamaha R15 ini mungkin belum bisa meladeni Honda CBR150R, dan untuk mengimbangi Honda CB150R pun diragukan. Tapi tidak apa asal unggul di penjualan sepertinya itu sudah cukup buat Yamaha.

Yamaha R25 (2014-)
Yamaha R25
Setelah meluncurkan R15 Yamaha Indonesia rupanya ingin bermain di semua level dengan menghadirkan Yamaha R25 untuk mengimbangi Kawasaki Ninja 250RR dan Honda CBR250R. Persaingan di level ini sangat ketat karena sebelumnya sudah dipegang oleh  Kawasaki Ninja 250R. Tapi perlahan Yamaha R25 pun mulai dilirik pengguna motor di Indonesia.




Yamaha MT25(2015-)

Yamaha MT25
Senjata Pamungkas Yamaha akhirnya keluar di tahun 2015 ini, yaitu si Yamaha MT25 yang berkapasitas 250cc. Yamaha MT25 ini sebenarnya adalaha Yamaha R25 versi Naked atau tanpa fairing. Performa MT25 pun tidak ada perbedaan dengan R25.
Tapi penampilannya yang gagah dipastikan cepat menarik perhatian pengguna motor di Indonesia.



Suzuki Gixxer 250

Rupanya Suzuki tergerak juga hatinya untuk terjun di level 250 cc yang saat ini semakin panas di Indonesia.
Kini rencananya Suzuki akan menghadirkan Suzuki Gixxer 250 yang kemungkinan berbasis mesin Suzuki GSX yang sudah  mendunia itu. PenampilanSuzuki Gixxer 250 sendiri belum ada gambaran, yang banyak tampil media internet hanyalah perkiraan saja. Sepertinya Suzuki tetap menampilkan gaya seperti Gixxer 150 yang bergaya Naked bike. Tapi kalau benar Suzuki Gixxer 250 benar-benar menggunakan mesin GSX maka sepetinya akan menjadi pesaing ketat bagi Honda  CBR  250 dan Ninja 250 serta Yamaha R25 nantinya. Tapi Suzuki bisa langsung masuk ke dalam pertempuran karena si Gixxer dengan mesin GSXnya juga pasti sama tangguhnya. Yang luar biasapada Gixxer 250 ini adalah powernya mencapai 45 hp pada 150000 rpm, luar biasa! jauh melebihi CBR250R yang hanya 31 hp. Tentunya andai benar max powernya seperti itu,maka, siap-siap Honda CBR250 dan Kawasaki Ninja250R dilindasnya, apalagi Yamaha R25 pasti dikampleng juga dengan mudahnya.
Kalau si Gixxer jadi pakai amunisi GSX 250 maka specnya yang menakutkan  kurang lebih seperti di bawah ini.

Spesifikasi:
Suzuki GSX 250
Mesin: 4-stroke, Single cylinder, water cooled
Kapasitas: 248cc
Rasio Kompresi: 12.5 : 1
Max power: 45 hp @ 15,000 rpm
Max torque: 24 Nm @ 10,500 rpm
Max rpm:  17,500 RPM
Carburettor: Mikuni BSW27
Transmisi: 6-speed (1-N-2-3 -4-5-6) Constant Mesh
Ignition system: Full transistor
Starter: electric

Frame:
P x L x T: 2000 x 700 x 1105 mm
Ground Clearance: 125 mm
Tinggi jok: 770 mm
Wheelbase: 1370 mm
Berat: 138 Kg
Tangki bbm:  14 liter

Ban:
- depan: 100/80-17"
- belakang: 130/70-17"
Rem:
- depan: Dual 275mm discs, 2-piston calipers
- belakang:single 210mm disc, 1-piston caliper


Suzuki Inazuma 250 - (2015)

Suzuki Inazuma 250
Di tengah sengitnya persaingan motor 250 di level naked-bike dan sportbike di Indonesia, Suzuki kalem-kalem saja sambil meluncurkan sebuah sepedamotor bergaya touring sejati, yang memiliki penampilan elegan dan berwibawa. Penampilan Suzuki Inazuma yang bergaya moge ini sepertinya bakal disukai para biker pecinta touring, yang pasti akan nyaman dikendarai melintas jalan lurus luar kota hingga melintas ke jalan daerah pegunungan yang banyak jalan berkelok. Penunggang akan merasakan kenyamanan berkendara seperti mengendarai mobil mewah di atas moge versi Suzuki ini.


Spesifikasi
Suzuki Inazuma 250
Type: Naked bike
Mesin: 4-stroke, SOHC, two cylinder
Kapasitas: 250 cc (248 ml)
Dimensi: 2.145 mm x 760 mm x 1.075 mm
max power: 24 ps
msx torsi: 22 Nm
Transmisi: 6-speed (1-N-2-3-4-5-6)
Carburation: Fuel Injection
Pendingin: Radiator
berat kosong: 182 kg
tangki bbm: 13.3 liter.

Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: monoshock
Ban:
- depan: 110/80 - 18
belakang: 140/70 - 17
Rem:
- depan: double cakram
- belakang: single cakram

Kymco ZF 250

Kymco ZF250
Sebuah motor baru keluaran Kymco dari China, mungkin akan hadir di Indonesia memanaskan persaingan di kelas 250 yang sudah menjadi rebutan antara 4 pabrikan besar, Honda, Kawasaki, Yamaha dan Suzuki yang diwakili Honda CBR 250, Kawasaki Ninja 250, Kawasaki Z250, Yamaha R25, Yamaha MT25 dan Suzuki Gixxer 250 yang saling bersaing berebut konsumen. Masuknya Kymco ZF250 yang ternyata bertenaga super juga serta mengusung mesin DOHC juga, pastinya membuat gelisah si 4 pabrikan besar  tersebut. Masalahnya Kymco hadir pastinya dengan harga yang jauh di bawah ke 3 pabrikan tersebut, sedangkan bentuk dan amunisinya juga sama hebatnya. Mari kita lihat seperti apa specnya.


Spesifikasi:
Kymco ZF250

Mesin: 4-stroke, DOHC 4-valve
Max  Power: 19.5kw / 9000rpm
Torque: 21N.m / 7,000rpm
Compression ratio: 9 : 1
bore×stroke: 76 x 55 mm
idle speed : 1500
Kapasitas:  250 cc (249 ml)
Pengapian: CDI
Transmisi : 6-Speed (1-N-2-3-4-5-6)
Clutch: Manual/auto
Lubrication: Pressure splash
Battery/accu: 12v4Ah
Carburetor: KT30
Starter: Electric

Dimensi
L×W×H: 2060 x 720 x 1040mm
Seat height: 810 mm
Ground clearance: 148 mm
wheel base : 1369 mm
Berat: 160 kg

Suspensi:
- depan: Upside down
- belakang: monoshock
Ban:
- depan: 110/70-17
- belakang: 140/70-17
Velg: spoke wheel

Brake:
- depan: disc
- belakang: disc

Kawasaki z250

Kawasaki Z250
Pada 2015 ini setelah berhasil menguasai pasar motor klas 250 di Indonesia dengan Kawasaki Ninjanya, sekarang  Kawasaki kembali meluncurkan Kawasaki Z250 yang penampilnnya benar-benar buas dan garang. Karakter sejati street-fighter, dinamis dan agresif menggabungkan konsep Z1000 dan Z800, Kawasaki Z250 menggunakan basis platform New Ninja 250 dan performa mesin Fuel Injection 250cc. Desainnya mengikuti kebutuhan kaum urban dan perkotaan sebagai transportasi roda dua yang agresif, gagah dan lincah. Posisi duduk tegak dan setang lebar menjanjikan karakter sejati street-fighter ini bakal digemari para kaum urban yang mengutamakan kecepatan dan kenyamanan berkendara. Hal ini patut diwaspadai kompetitornya saat ini, kalau tidak waspada bakal ditinggal oleh Kawasaki.

Spesifikasi:
Mesin:  4-stroke, DOHC liquid-cooled Parallel Twin
Max power: 23.5 kW (32 ps) / 11,000 rpm
Max torsi: 21.0 N.m {2.1 kgf.m} / 10,000 rpm
Diameter x Langkah: 62.0 x 41.2 mm
Volume Silinder: 249 cm
Valve System: 8 valves
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection (ѳ28 mm x 2) with dual throttle valves
Sistem Pengapian: Digital
Sistem Pendinginan: Liquid-cooled
Perbandingan Kompresi: 11.3 : 1

Jumlah Transmisi 6-speed, 1-N-2-3-4-5-6 return
Primary Reduction Ratio 3.087 (71/23)
Rasio Gigi Ke-1 2.600 (39/15)
Rasio Gigi Ke-2 1.789 (34/19)
Rasio Gigi Ke-3 1.409 (31/22)
Rasio Gigi Ke-4 1.160 (29/25)
Rasio Gigi Ke-5 1.000 (27/27)
Rasio Gigi Ke-6 0.893 (25/28)
Final Reduction Ratio 3.286 (46/14)
Tipe System Final Drive Drive chain
Drive Rasio Keseluruhan 9.056
Kapasitas Coolant 1.5
Kopling Wet, Multi - disc



Suspensi:
- depan:     37 mm telescopic fork
- belakang: Bottom-Link Uni-Trak with gas-charged shock and 5-way adjustable preload
Rem
- depan:     Single 290 mm petal disc with dual-piston caliper
- belakang: Single 220 mm petal disc with dual-piston caliper
Ban
- depan: 110/70-17 M/C (54S)
- belakang: 140/70-17 M/C (66S)

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi: 2010 x 750 x 1025 mm
Jarak Poros Roda: 1400 mm
Jarak ke Tanah: 145
Berat: 168 kg
Kapasitas bbm: 17 liter
Harga (Jakarta, 2015) : Rp. 52.900.000,-

Gallery


Add caption
Add caption







related
- http://www.kawasaki-motor.co.id/product-detail/z250