Pages

Sejarah Motor (Sport Jantan) Suzuki di Indonesia

Suzuki, adalah salah satu perusahaan asal Jepang yang mengembangkan sayap di Indonesia, bersama kompetitor lain seperti Honda, Kawasaki dan Yamaha. Sejak tahun 1973 kehadiran Suzuki di Indonesia, tumbuh besar hingga sekarang ini, telah banyak memproduksi berbagai jenis sepeda motor. Beberapa produknya bahkan sempat menjadi pilihan utama bagi para pengguna sepeda motor di Indonesia. Tapi beberapa tahun belakangan ini sepertinya Suzuki tidak terlalu serius dalam mengembangkan sepeda motor untuk bersaing dengan para kompetitor lainnya. Suzuki yang memiliki slogan "Inovasi Tiada Henti" seperti berhenti berinovasi. Sebelumnya Suzuki kerap menjadi pesaing utama produk Honda di Indonesia, tapi belakangan posisi mereka sepertinya digeser oleh Yamaha yang giat mengembangkan desain motornya, terutama pada motor tipe sportnya. Tapi walaupun begitu Suzuki tetap dianggap sebagai motor yang memiliki kualitas mesin mumpuni dan awet.

Berikut beberapa motor type sport "jantan" produk Suzuki yang pernah beredar di Indonesia.

Suzuki A 100
Sepeda motor Suzuki A 100, adalah motor jantan pertama yang diperkenalkan oleh Suzuki di Indonesia pada tahun 1973. Kehadiran Suzuki A 100 dengan mesin 2 Tak, cukup bertenaga dan diandalkan sebagai motor pekerja pada era tahun 1973-an. Di awal kemunculannya Suzuki A 100 bahkan menjadi sepeda motor andalan para polisi dan terakhir juga banyak digunakan sebagai motor jajaran petugas pos di Indonesia.

Suzuki A 100 (1975)

Info lanjut tentang Suzuki A 100

    Suzuki GT 100

    Tahun 1973-an, Suzuki mulai memasarkan tipe sepeda motor yang real "jantan", yaitu GT series di bawah bendera PT. Indohero Steel & Engineering Co.

    GT 100 (1975)
    (source:http://japan.webike.net)
    Info lanjut tentang Suzuki GT 100

    Suzuki GT 125
    Suzuki GT 125 (1974)
    Info lanjut tentang Suzuki GT 125

    Suzuki GT 185
    Suzuki meluncurkan GT185 pada tahun 1973. Pada awalnya model dengan rem drum di depan, Tahun 1974 rem tromol diganti dengan satu cakram. Model dari tahun ke tahun tampak hampir semua sama dan hanya sedikit berbeda pada warna dan desain grafisnya saja. Produksi GT185 dihentikan pada tahun 1977.

    Suzuki GT 185 (1973-1977)
    Info lanjut tentang Suzuki GT 185

    Suzuki GP 100
    Istilah GP pada Suzuki GP, mungkin diadopsi dari dari dunia balap (Grand Prix).
    Suzuki GP 100 memiliki mesin silinder tunggal dengan disk katup rotary. Suzuki Motor Company terus membangun model hingga ke tahun 1980-an.
    Suzuki GP 100 (1978)
    (source: http://www.cyclechaos.com)

    Info lanjut tentang Suzuki GP 100

    Suzuki GP 125 (1978 - 1981)
    Suzuki GP 125 (1979)
    (source:http://www.suzukicycles.org)
    Info lanjut tentang Suzuki GP 125

    Suzuki TRS
    Suzuki TRS 118 (1994)
    (source: kaskus.co.id)
    Lanjutan dari Suzuki GP series, adalah Suzuki TRS yang memiliki kapasitas mesin 118cc. Bentuk tangki lebih besar.



    Suzuki TRZ Katana
    Motor ini merupakan kelanjutan dari Suzuki TRS, dengan kapasitas mesin 125 cc. Memiliki tenaga yang lebih bertenaga. Suzuki TRZ 125 Katana merupakan motor yang terbaik dan terkencang pada masanya untuk level 125 cc, sekitar tahun 1984-1985. Konon Suzuki TRZ Katana dalam keadaan standar bisa melaju hingga 140 kpj dengan mudahnya, dikorek sedikit mampu melalap topspeed 170 kpj. Sayangnya produk ini tidak lama dikeluarkan oleh Suzuki.
    Sulitnya mendapatkan foto Suzuki TRZ 125 Katana dalam bentuk normal dan orisinil, beberapa hanya ditemukan di situs jual beli tokobagus.com.


    Suzuki RGR
    Suzuki RGR 150
    Setelah era TRS dan TRZ Katana, sekitar tahun 1990/1991 Suzuki meluncurkan sepeda motor yang lebih bertipe sport, yaitu Suzuki RGR 150, mengusung mesin 2-tak yang bertenaga 26,5 daya kuda.. Motor ini memiliki berat kosong hanya 99,8 kg. Suzuki RGR merupakan motor terkencang pada masanya, dalam kondisi standart, dengan mudah mencapai top speed 170 km/jam.
    Suzuki RGR belum memiliki radiator dan hanya mengandalkan pendingin udara. Bagi penggemar motor kencang, Suzuki RGR bisa memenuhi keinginan tersebut, hanya saja bensin lumayan boros. Pada tahun 1999, Suzuki menghentikan produksi RGR.


    Suzuki FX 150R
    Setelah era RGR berakhir, Suzuki tetap melanjutkan tipe sport-bike berfairing. Di tahun 2000 Suzuki mendatangkan Suzuki FX 150R secara CBU dari Malaysia. Sekilas penampilan mungkin mirip RGR, tapi yang ini mengusung mesin 4-tak. Soal tenaga juga tidak kalah, walaupun power tidak segarang RGR, tapi untuk mesin 4-tak dengan power 20,11 hp menunjukkan bahwa "kuda besi" satu ini juga punya kemampuan yang "galak". Sayangnya pada tahun 2004 di tempat asalnya, Malaysia menghentikan produksi Suzuki FX 150R, dan di Indonesia mesin downgradenya diserahterimakan dan dilanjutkan oleh si "Bebek Super" Suzuki Satria 150F.


    Suzuki Thunder 125
    Setelah era motor 2 Tak berakhir, pada tahun 2005, Indo Mobil Suzuki Indonesia meluncurkan sebuah sepeda motor bergenre 4 Tak, yaitu Suzuki Thunder, yang memiliki 2 varian, yaitu Suzuki Thunder 125 dan Suzuki Thunder 250.

    Suzuki Thunder 125 terdiri dari:
    • Thunder 125 non kick starter (2004-2005)
    • New Thunder 125 kick starter (2006-2007)
    • Facelift Striping dan Cover Engine (2008-2010)
    • New Thunder Facelift Body (2011-seterusnya)
    Suzuki Thunder 125 ini sepertinya tidak terlalu mengutamakan kecepatan seperti produk Suzuki sebelumnya, tapi lebih diprioritaskan pada pada keiritan bensin dan daya tahan mesin, seperti yang dianut oleh produk-produk Honda. Kemunculan Suzuki Thunder 125 awalnya mendapat sambutan hangat dari para pengguna sepeda motor di Indonesia.


    Suzuki Thunder 250 atau Suzuki GSX 250 Thunder
    Suzuki Thunder GSX 250 (2005)
    Kemunculan Suzuki Thunder 250 yang dikeluarkan oleh Indo Mobil Suzuki Indonesia yang diproduksi pada tahun 1999 dan diluncurkan pada tahun 2000. Mengusung mesin bergenre 4 Tak. Kemampuan Suzuki Thunder 250 termasuk mumpuni dan bersaing dengan sepeda motor sekelasnya seperti Honda Tiger 200cc dan Yamaha Scorpio 225cc. Sayangnya peredaran Suzuki Thunder 250 hanya bertahan hingga tahun 2005.





    Suzuki GW 250 Inazuma
    Suzuki GW 250 Inazuma
    Produk andalan Suzuki yang terakhir yang diproduksi pada tahun 2011 dan diluncurkan pada tahun 2012, adalah Suzuki Inazuma 250 atau Suzuki GW 250 Inazuma. Dengan penampilan garang, sangar, fighter, sesuai dengan tagline yang diusung “Defeat the Arrogances”. Suzuki Inazuma 250 mengutamakan performa gagah-tangguh. Sepertinya tampilan desain Inazuma dibuat mengikuti selera konsumen masa sekarang, penuh kecermatan hingga ke detail akhir motor.
















    2 komentar:

    1. masih kurang lengkap om...
      Suzuki FXR gak dimasukin ke daftar ni?
      FXR masuk ke indonesia bareng sama Thunder 250, yaitu awal tahun 2000 diimport langsung dari Malaysia, dan dihentikan penjualannya tahun 2004 karena Malaysia sudah tidak lagi memproduksi FXR. Lalu mesinnya dipasang pada bebek FU dengan tenaga yg diturunkan awalnya FXR 21hp FU 16hp.

      BalasHapus
    2. Trus suzuki gp 100r limited editionnya mana mind ??

      BalasHapus