Pages

Sejarah Honda Sejak 1948


Honda, salah satu perusahaan raksasa dari Jepang, yang didirikan oleh oleh Soichiro Honda pada tahun 1948 dan tetap bertahan hingga sekarang.

Soichiro Honda
Soichiro Honda, lahir di Yamahigashi pada 17 November 1906. Ayahnya, Gihei Honda, adalah pandai besi lokal tapi tangannya sangat dingin dalam memproduksi aneka barang termasuk alat kedokteran gigi ketika ada kebutuhan. Ibunya, Mika, adalah seorang penenun.

Sepanjang hidupnya, Soichiro Honda tidak akan pernah melupakan hari saat ia melihat mobil pertama kalinya. Yamahigashi yang merupakan sebuah desa kecil di Shizuoka (sekarang disebut Tenryu-shi) tiba-tiba bising oleh suatu suara aneh. Soichiro kecil awalnya keheranan ada suara bising yang kian mendekat. Suara tersebut datang dari benda yang mendekati dirinya bersama debu yang tebal yang mengiringinya. Setelah benda aneh tersebut lewat,ada bagian dari dirinya yang menggelegak menyuruhnya mengejar benda tersebut. Maka ia berlari sekuat tenaga mengejar dan ingin menyentuhnya. Tetapi sekuat apapun ia mencoba menggapai, benda tersebut semakin jauh meninggalkan dirinya. Ia tidak habis mengerti bagaimana benda yang tidak ditarik oleh kuda atau manusia bisa bergerak sendiri. Kegagalannya menggapai mobil pertama yang ia lihat tersebut seakan menjadi simbol untuk hidupnya: ia selalu mengejar sesuatu yang saat itu masih di luar jangkauannya. Setelah mobil tersebut jauh meninggalkannya, Soichiro berhenti sambil terengah-engah dan melihat tetesan bensin atau oli di tanah berdebu. Soichiro kecil menggosokkan tangannya ke tetesan di tanah tersebut dan menghirup baunya laksana seorang yang sedang kehausan di padang pasir menemukan tetesan air.

Pengalaman itu menanamkan tekad untuk mengembangkan teknologi. Keluarga Gihei Honda tidak kaya, tetapi ia menanamkan anak-anaknya etika kerja keras dan kasih terhadap hal-hal mekanis. Soichiro segera belajar bagaimana mengasah pisau mesin pertanian dan bagaimana membuat mainan sendiri. Ia juga sangat tertarik dengan suara mesin penggilingan padi di dekat desanya yang membuatnya meminta sang kakek mengantar untuk melihatnya.

Di sekolah, ia mendapat julukan ‘hidung hitam musang’ karena wajahnya selalu kotor akibat membantu ayahnya di bengkel. Ia bukan siswa yang memiliki otak cemerlang. Di kelas, duduknya tidak pernah di depan, selalu menjauh dari pandangan guru. Harinya dipenuhi dengan kecerdikan teknis, termasuk kesempatannya belajar hal-hal teknis dari bengkel sepeda ayahnya. Ayahnya selalu memberinya catut untuk mencabut paku. Ia juga sering bermain di tempat penggilingan padi melihat mesin diesel yang menjadi motor penggeraknya. Di situ, lelaki ini dapat berdiam diri berjam-jam. Tak seperti kawan sebayanya kala itu yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain penuh suka cita. Dia memang menunjukkan keunikan sejak awal.

Saat merintis bisnisnya, Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan. Ia sempat jatuh sakit, kehabisan uang, dan dikeluarkan dari kuliah. Ia gagal menyandang gelar insinyur. Namun ia terus bermimpi dan bermimpi. Impian itu akhirnya terjelma dengan bekal ketekunan dan kerja keras.

Pada tahun 1917 saat Honda berumur 8 tahun, seorang pilot bernama Art Smith berkunjung ke lapangan udara militer Wachiyama untuk menunjukkan kemampuan aerobatiknya. Honda langsung membongkar kotak kas kecil keluarga, ‘meminjam’ salah satu sepeda ayahnya dan melaju sejauh 20 kilometer ke tempat yang belum pernah ia kunjungi untuk melihat pesawat. Ketika sampai di sana, ia segera menyadari bahwa tiket masuk, apalagi berkaitan dengan penerbangan, jauh melampaui kemampuannya. Tapi ia tidak berputus asa. Setelah memanjat pohon, ia bisa melihat pesawat bergerak dan itu sudah cukup. Ketika Gihei Honda melihat apa yang dilakukan anaknya untuk sampai ke bandara, dia tidak marah tetapi justru terkesan dengan tekad, inisiatif, dan resiko besar dimarahi karena mengambil uang dan sepeda.

Ketika 12 tahun, Soichiro Honda berhasil menciptakan sebuah sepeda pancal dengan model rem kaki. Sampai saat itu, di benaknya belum muncul impian menjadi usahawan otomotif karena dia sadar berasal dari keluarga miskin. Apalagi fisiknya lemah, tidak tampan, sehingga membuatnya selalu rendah diri.

Di usia 15 tahun, Honda pindah ke kota untuk bekerja di Hart Shokai Company. Saka Kibara bossnya sangat senang melihat cara kerjanya. Honda teliti dan cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yang mencurigakan, setiap oli yang bocor, tidak luput dari perhatiannya. Enam tahun bekerja di situ menambah wawasannya tentang permesinan.

Akhirnya pada usia 21 tahun, Saka Kibara menawarkannya membuka suatu kantor cabang di Hamamatsu yang tidak ditolaknya. Di Hamamatsu prestasi kerjanya kian membaik. Ia selalu menerima reparasi yang ditolak oleh bengkel lain. Kerjanya pun cepat memperbaiki mobil sehingga pelanggan datang kembali. Karena itu, jam kerjanya tak jarang hingga larut malam dan terkadang sampai subuh. Yang menarik, walau terus kerja lembur otak jeniusnya tetap kreatif. Kejeniusannya membuahkan fenomena. Pada zaman itu, jari-jari mobil terbuat dari kayu, hingga tidak baik untuk kepentingan meredam goncangan. Menyadari ini, Soichiro punya gagasan untuk menggantikan ruji-ruji itu dengan logam. Hasilnya luar biasa. Ruji-ruji logamnya laku keras dan diekspor ke seluruh dunia.

Pada usia 30 tahun, Honda menandatangani patennya yang pertama. Setelah menciptakan ruji, Honda membuat usaha bengkel sendiri dan melepaskan diri dari bosnya. Dari situ ia mulai berpikir, spesialis apa yang akan dipilih? Otaknya tertuju kepada pembuatan ring piston yang dihasilkan oleh bengkelnya sendiri pada 1938. Produk tersebut ditawarkannya itu ke sejumlah pabrikan otomotif.

Sayang, produknya ditolak Toyota karena dianggap tidak memenuhi standar. Ring Piston buatannya tidak lentur dan tidak laku dijual. Ia ingat reaksi teman-temannya terhadap kegagalan itu dan menyesalkan dirinya keluar dari bengkel milik Saka Kibara. Akibat kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius. Dua bulan kemudian, kesehatannya pulih kembali. Ia kembali memimpin bengkelnya. Tapi, soal ring pinston itu, belum juga ada solusinya. Demi mencari jawaban, ia kuliah lagi untuk menambah pengetahuannya tentang mesin. Siang hari setelah pulang kuliah, dia langsung ke bengkel mempraktekkan pengetahuan yang baru diperoleh di kampus. Tetapi setelah dua tahun menjadi mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karena jarang mengikuti kuliah. ”Saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberi makan, melainkan dijejali penjelasan bertele-tele tentang hukum makanan dan pengaruhnya, ” ujar Honda yang diusia mudanya gandrung balap mobil. Kepada rektornya, ia jelaskan kuliahnya bukan mencari ijazah melainkan pengetahuan. Penjelasan ini justru dianggap penghinaan. Tapi dikeluarkan dari perguruan tinggi bukan akhir segalanya. Berkat kerja kerasnya, desain ring pinston-nya diterima pihak Toyota yang langsung memberikan kontrak. Ini membawa Honda berniat mendirikan pabrik. Impiannya untuk mendirikan pabrik mesinpun serasa kian dekat di pelupuk mata.

Tetapi malangnya, niatan itu kandas. Karena siap perang, Jepang tidak memberikan dana kepada masyarakat. Bukan Honda kalau menghadapi kegagalan lalu menyerah pasrah. Dia lalu nekad mengumpulkan modal dari sekelompok orang untuk mendirikan pabrik.

Namun lagi-lagi musibah datang. Setelah perang meletus, pabriknya terbakar, bahkan hingga dua kali kejadian itu menimpanya. Honda tidak pernah patah semangat. Dia bergegas mengumpulkan karyawannya. Mereka diperintahkan mengambil sisa kaleng bensol yang dibuang oleh kapal Amerika Serikat, untuk digunakan sebagai bahan mendirikan pabrik.

Penderitaan sepertinya belum akan selesai. Tanpa diduga, gempa bumi meletus menghancurkan pabriknya sehingga diputuskan menjual pabrik ring pinstonnya ke Toyota. Setelah itu, Honda mencoba beberapa usaha lain. Sayang semuanya gagal.

Pada bulan Oktober 1946, setelah perang, Jepang kekurangan bensin. Di sini kondisi ekonomi Jepang porak poranda sampai-sampai Honda tidak dapat menjual mobilnya akibat krisis moneter itu. Padahal dia ingin menjual mobil itu hanya untuk membeli makanan bagi keluarganya. Dalam keadaan terdesak ia lalu kembali bermain-main dengan sepeda pancalnya. Karena memang nafasnya selalu berbau rekayasa mesin, dia pun memasang motor kecil pada sepeda itu. Siapa sangka, sepeda pancal bermotor tersebut diminati oleh para tetangga. Jadilah dia memproduksi sepeda bermotor itu. Karena bensin sangat langka waktu itu, maka Honda mengembangkan sepeda bermesin tersebut menggunakan terpentin. Sepeda pancal bermesin tersebut harus digenjot terlebih dahulu baru bisa jalan. Sepeda bermotor ini menjadi cikal bakal lahirnya sepeda motor Honda, atau merupakan sepeda motor honda pertama. Para tetangga dan kerabatnya berbondong-bondong memesan sehingga Honda kehabisan stok. Honda kemudian mendirikan pabrik motor. Sejak itu, kesuksesan tak pernah lepas dari tangannya. Motor Honda berikut mobilnya menjadi raja jalanan dunia, termasuk Indonesia.

Soichiro Honda adalah seorang pembalap, bisnisman, dan seorang teknokrat sejati terbukti lebih dari 100 penemuannya telah dipatenkan. Disamping semua itu yang paling penting adalah Soichiro Honda itu adalah seorang pemimpi meskipun kegagalan selalu mengikuti hidupnya. Ia pernah berkata, ”Orang melihat kesuksesan saya hanya 1%, tapi mereka tidak melihat 99% kegagalan saya. Ketika anda mengalami kegagalan, maka segeralah mulai kembali bermimpi dan mimpikanlah mimpi baru”.

Semasa hidup Honda selalu menyatakan, jangan dulu melihat keberhasilannya dalam menggeluti industri otomotif tetapi lihatlah kegagalan-kegagalan yang dialaminya. Kisah Honda ini jelas merupakan contoh bahwa sukses bisa diraih seseorang dengan modal seadanya, tidak pintar di sekolah, dan hanya berasal dari keluarga miskin.

Di masa tuanya, Honda dan Sachi istrinya mengambil lisensi terbang, main ski, seluncur, dan naik balon meski usia sudah menginjak 77 tahun. Ia dan Fujisawa juga membuat kesepakatan untuk tidak pernah memaksa anak-anak mereka bergabung dengan perusahaan, karena di masa kecilnya Soichiro Honda tidak pernah ingin mengikuti ayahnya di bengkel atau toko sepeda. ”Nilaiku jelek di sekolah tapi aku tidak bersedih karena duniaku di sekitar mesin, motor dan sepeda,” tutur Soichiro yang meninggal pada 5 Agustus 1991 dengan usia 84 tahun delapan bulan setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo , akibat mengidap lever.

Sejarah Motor Honda

A-Type
Honda A-Type, 1947
Di bulan November 1947, Seichiro Honda mengembangkan motor berkekuatan 0,5 HP yang disebut “A-Type”. Motor ini menggunakan bahan bakar terpentin dan dikenal sebagai motor “Chimney”.





B-Type
Honda B-Type, 1948
Tahun 1948, Honda mengeluarkan motor dengan mesin berkapasitas 90cc modifikasi dari type A, yang dikenal sebagai “B-Type”, setelah pada tanggal 24 September ia secara resmi mendirikan pabrikan Honda bersama dengan Takeo Fujikawa yang sangat mendukung dari sisi finansial. Bersama-sama mereka mendirikan imperium Honda.


D-Type
Honda D-Type, Dream, 1949
Tahun 1949, Honda mengeluarkan motor “D-Type”. Motor ini sudah berwujud sebuah motor, bukan hanya mesin yang ditempelkan ke rangka sepeda. Nama “D-Type” juga berarti “dream” karena jenis ini merupakan impiannya memproduksi motor Honda komersial pertama hasil kreasinya sendiri, sekaligus penjualannya bisa menembus Inggris yang saat itu penuh dengan pabrikan motor. Keberhasilan tersebut tidak membuat Honda berhenti berkarya tetapi justru semakin memproduksi motor yang lebih baik dan semakin canggih.

E-Type
Honda E-Type, 146 cc
Selanjutnya Honda mengeluarkan engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagai “E-Type”. Engine ini dapat mengeluarkan power 5.5HP dan dapat digeber sampai kecepatan 80 km/jam. Tipe ini diproduksi dan bisa mencapai 130 unit sehari.





F-Type
Tahun 1952, Honda mengeluarkan motor “Cub” pertamanya dengan engine “F-Type”, 50cc, 2 tak, dan produksinya mencapai 6500 unit sebulan atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang.

Benly
Tahun 1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 tak yang dikenal sebagai “Benly” atau yang berarti nyaman. Motor ini mempunyai 3 speed gearbox dan bisa laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.









Scooter Juno
Tahun 1954, Honda mengeluarkan Skuter Juno yang diadaptasi dari Vespa yang sedang dibikin di Jepang. Skuter ini berbentuk dasar Vespa tetapi diberi tambahan modifikasi seperti tameng depan yang lebih menarik, kaca penahan angin, dan sedikit kaca pelindung hujan di atasnya. Selain itu, tutup mesin kanan dan kiri tidak dapat dibuka layaknya Vespa biasa, tetapi harus dibuka keseluruhan body ke belakang layaknya sebuah kap mobil.

C 70 Twin
Honda C70 Twin 250cc
Tahun 1957, Honda mengeluarkan untuk pertama kalinya motor twin 250cc OHC, 4 tak yang diberi nama C70 dan termasuk canggih di masanya. Variannya pun muncul seperti C71 yang telah menerapkan starter elektrik pada mesin kapasitas 250cc.





C100 Super Cub
Honda C100 Super Cub, 1958
Juni 1958 merupakan era keemasan Honda dengan dikeluarkannya C100 Super Cub yang disebut-sebut sebagai “the most successful motorcycles (motor paling sukses)”. Super Cub ini dikembangkan selama 3 tahun. Agar murah dan gampang dikendarai oleh siapapun, motor ini dibuat dengan spesifikasi sangat sederhana yaitu kapasitas 50cc, OHC, 4 tak, dan kopling sentrifugal dengan 3 transmisi kecepatan. Motor ini sangat mudah dikendarai bahkan bagi pemula sekalipun.
Bentuk ini yang dikenal sebagai motor jenis bebek saat ini. Wanita pun mudah mengendarainya karena tidak perlu terhambat untuk melangkah oleh bentuk konvensional motor yang ada tanki bensin. Perlu diketahui bahwa teknologi motor masa itu umumnya masih berbentuk “motor laki-laki” (dengan tanki di depan) sehingga kaum wanita yang berkeinginan menaiki sepeda motor harus melangkah mengikuti bentuk tersebut yang kurang nyaman bagi budaya Asia terutama bangsa Jepang. Dalam beberapa poster sepeda motor Inggris yang saat itu menjadi trend setter terlihat segmen pasar kaum wanita masih diraih dengan menawarkan motor berkapasitas rendah sekitar 125cc dan berbentuk relatif kecil, tetapi masih berbentuk motor laki-laki. Kehadiran Super Cub yang disambut antusias oleh berbagai golongan kemudian muncul dalam beragam versi, ada yang 50cc, 70cc dan 90cc.

Tahun 1959, Honda mulai mengekspor dan memasuki pasar Amerika Serikat.

Tahun 1963, Honda membuka pabrik pertama mereka di luar negeri, yaitu di Belgia. Sejak saat itu, Honda mengikuti sebuah aturan dasar untuk membangun produk dekat dengan pelanggan. Data pada akhir Desember 2005 menunjukkan bahwa motor Honda telah diproduksi sebanyak 150 juta unit. Jumlah tersebut merupakan angka yang sangat fantastis untuk sebuah merk motor dan terutama disumbangkan dalam jumlah terbesar oleh pasar Asia yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utama.

Honda S90
S 90
Tahun 1964-1969, Honda mengeluarkan S90 “Super 90″ dengan 4 warna : putih, hitam, biru candy, dan merah (awalnya merah scarlet kemudian menjadi merah candy). Sebelum 1968 mempunyai fender/ spakbor bercat silver tapi setelah 1968 menjadi krom. Sebelum 1968 berwarna non-metalik tapi setelah Maret 1968 berwarna candy. Mesinnya single silinder 89cc dengan kopling manual 4 kecepatan. Ada yang mengatakan bahwa tipe ini pertama kali masuk Indonesia diimpor dari Jepang dalam bentuk semi knock-down pada tahun 1970.


CB 750
Honda CB750
Tahun 1969, Honda mengeluarkan CB 750 yang bukan hanya menjadi motor Superbike Modern Pertama, tetapi berkat teknologi mesinnya juga menjadi ketok palu vonis mati bagi industri sepeda motor Inggris yang saat itu mendominasi.Di Indonesia, salah satu jenis honda lawas yang paling diburu adalah jenis CB.





CB 100
Honda CB100
Honda CB kali pertama masuk ke Indonesia di tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1. Disamping CB 100 diproduksi pula tipe dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Ketiganya tersedia dalam silinder ganda pula. Namun di Indonesia CB100 lebih populer dikarenakan harganya yang lebih murah dan perawatannya mudah. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.


sumber:

Spesifikasi Honda Verza 150


Spesifikasi:
Honda Verza 150 (SW)
Model: Honda Verza 150
Tahun: 2013 - 
Mesin: 4-stroke, SOHC, 1 silinder
Kapasitas: 149,2cc (150)
Pendingin: udara
Suplai bahan bakar: injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Diameter x langkah: 57,3 x 57,8 mm 
Transmisi: 5 speed (1-N-2-3-4-5)
Kompresi: 9,5 : 1 
Max. power: 9,72 kw (13,2 ps) @ 8500 rpm
Max. torsi: 12,7 Nm (1,29 kgf.m) @ 6.000 rpm
Starter: elektric dan kick
Kopling: manual, multiplate wet clutch
Kapasitas olie mesin: 1,0 liter
Pengapian: full transistorized
Battery/accu: 12V-3,5Ah
Busi: NGK CPR9EA-9 

Dimensi:
Honda Verza 150 (CW)
Panjang x lebar x tinggi: 2.056 x 742 x 1.054 mm 
Jarak sumbu roda: 1.318 mm 
Jarak ke tanah: 156 mm 
Ketinggian jok: 773 mm
Radius putar minimum: 2.000 mm
Berat: 129 kg
Tangki bbm: 12,2 liter
    Rangka: Diamond Steel 
    Ban:
    - depan: 80/100 – 17 M/C 46 P (CW: tubeless) 
    - belakang: 100/90 – 17 M/C 55P (CW: tubeless) 
    Rem:
    - depan: cakram hidrolik dengan piston ganda 
    - belakang: tromol 
    Suspensi:
    - depan: teleskopik 
    - belakang: Suspensi Ganda 
      Harga:
      - Honda Verza Spoke Wheel: Rp.16.05 juta
      - Honda Verza Cast Wheel:    Rp.16.9 juta


        Gallery:

        Honda Verza Spoke Wheel






        Honda Verza Cast Wheel







        Honda CGL 125 Tool

        Honda CGL 125 Tool
        (merah)
        Suatu produk Honda hadir bukan di Indonesia, tapi jauh di seberang laut menyebrang samudra, yaitu di Mexico.

        Honda CGL 125 Tool. Mungkin bagi masyarakat yang melihatnya sekilas pasti mengatakan mirip dengan Honda GL Max yang pernah beredar di Indonesia.

        Ternyata Honda tidak hanya dianggap sebagai suatu produk yang tangguh di Indonesia, tapi juga di Mexico. Kembaran si GL Max yang sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia, ternyata masih eksis di Mexico. Juga digunakan sebagai transportasi masyarakat Mexico dan juga beberapa pekerjaan berat, seperti kendaraan angkut barang dari kota hingga menerobos ke pedesaan melalui jalan berat.


        Honda CGL 125 Tool
        (putih)
        Diperhatikan dari spesifikasinya, bisa dikatakan Honda CGL 125 Tool ini nyaris sama dengan spesifikasi Honda GL Max, dari bentuk hingga sama-sama mengusung mesin 125 cc. Hanya saja lampu depan berbentuk bulat, berbeda dengan lampu GL Max yang berbentuk segi empat.
        Spakbor depan juga beda, karena masih menggunakan old style, tapi terlihat lebih sporty.

        Honda CGL 125 Tool ini sepertinya diperuntukkan khusus bagi pekerja keras, harga murah juga ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Honda CGL 125 Tool ini dihargai $14,900.00 , sekitar Rp 11.340.900. Harga yang lumayan murah. Di Indonesia mungkin sebanding dengan harga bebek seperti Revo Fit.

        Spesifikasi Honda CGL 125 Tool:
        • Harga:  $ 14,900.00 (Rp 11.340.900)
        • Motor DC: 4 tak silinder, tunggal, OHV
        • Daya:  9,7 Hp / 8.500 rpm
        • Silinder:  124,1 cc
        • Torsi:  8,8 nm / 7.500 rpm
        • Transmisi:  5 kecepatan, jenis rotary
        • Cooling System:  udara
        • Fuel System: Katup piston / 20 mm
        • Ignition System
        • AC-CDI
        • Starting System:  Listrik / pedal asisten (Crank)
        • Suspensi dan Rem
        • Depan: Telescopic garpu / 116 mm Stroke
        • Rear Suspensi: Swingarm dengan dual shock / 79 mm Stroke
        • Front Brake:  Tunggal mekanik Drum
        • Rear Brake:  Tunggal mekanik Drum
        • Berat kosong: 109 kg
        • panjang/ lebar dan tinggi: 2.010 mm / 795 mm / 1,055 mm
        • Seat height:  755 mm
        • Jarak roda:  1,280 mm
        • Lantai clearance:  140 mm
        • Roda depan dan belakang: 2,75-18 90/90-18 42P 51P
        • Kapasitas:  153 kg (termasuk berat driver, kargo penumpang, dan aksesoris)
        • Tangki: 13,2 L

        sumber: